Friday, October 25, 2013

Tahukah anda bedanya Bos dan Pemimpin?

Tahukah anda bedanya Bos dan Pemimpin?
Seorang Bos belum tentu memiliki sifat kepemimpinan, sementara seorang Pemimpin yang baik pasti mampu memimpin partner kerjanya. Ada beberapa hal yang membedakan antara Bos dan Pemimpin. 

Bos: Karyawan akan melakukan apa saja untuk membuat hati anda senang hanya karena mereka takut kepada anda. 

Pemimpin: Karyawan akan melakukan apa saja untuk membuat hati anda senang sebagai bentuk kekaguman dan menunjukkan bahwa anda merupakan pemimpin yang dapat memberikan inspirasi bagi mereka.

Seorang Bos (apalagi yang tidak berkualitas), hanya akan menjadi orang yang pandai memerintah saja tanpa memberikan contoh yang baik. Seorang Bos juga tidak akan bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat para bawahannya.

Seorang Pemimpin yang baik tidak pernah berkata “saya”. Ia akan mengatakan kata “kami” dan “kita”. Ia akan mendahulukan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadinya. Sebelum memerintah bawahannya, ia akan memberikan contoh terlebih dahulu.

Pemikiran dalam menghadapi masalah
Seorang Bos menganggap sebuah masalah sebagai musibah yang dapat membuat perusahannya hancur. Ia bahkan tidak mempercayai karyawannya mampu menyumbangkan solusi.
Sedangkan seorang Pemimpin cenderung menghadapi masalahnya dengan tenang karena masalah yang datang akan ia jadikan kesempatan untuk membuktikan bahwa perusahannya mampu mengatasi masalah dengan bersatu padunya para karyawan dan dirinya sebagai satu team yang solid.

Related Posts

Tahukah anda bedanya Bos dan Pemimpin?
4/ 5
Oleh