Friday, October 25, 2013

Perbedaan Pola Pikir antara Orang Biasa dan Orang Sukses

 Pola Pikir antara Orang Biasa dan Orang Sukses
Pola pikir antara orang biasa dan orang yang sukses dalam memandang uang ternyata berbeda. Hal ini diungkapkan oleh penulis buku bernama Steve Siebold. Banyak perbedaan pola pikir antara orang biasa dan orang sukses, apa saja itu? Masyarakat biasa apabila dihadapkan dengan uang, mereka akan sangat perhitungan dan hanya berfikir tentang bagaimana menggunakan uang tersebut. Sedangkan orang yang berjiwa bisnis tidak akan khawatir akan kehilangan uang mereka, justru berfikir bagaimana uang tersebut mampu mendatangkan keuntungan bagi mereka suatu hari nanti. Mereka akan menginvestasikan uang tersebut agar mendapatkan keuntungan. Ya, mereka berfikir untuk mempekerjakan uang tersebut. 

Dalam bukunya mengenai cara memandang wirausaha, Steve Siebold mengungkapkan bahwa orang yang berjiwa bisnis selalu mencari ide mengenai apa yang dibutuhkan oleh orang lain, agar ia bisa memperoleh keuntungan darinya. Mereka berani dalam mengambil resiko dan bahkan merugi. Gelar dan jabatan tidak begitu penting bagi kalangan ini. Sedangkan orang biasa cenderung memilih jalan yang mudah untuk mendapatkan uang seperti menjadi karyawan. Bahkan mereka juga memilih untuk menambah jam kerja agar mendapatkan penghasilan lebih. Mereka takut dan tidak mau mengambil resiko untuk berwirausaha. Bahkan beberapa dari mereka berlomba-lomba untuk memperoleh gelar, karena mereka beranggapan gelar dan jabatan menentukan gengsi dan kekayaan seseorang. 

Selanjutnya, orang yang berjiwa bisnis tidak memfokuskan diri untuk menabung. Namun mereka lebih berfikir untuk meningkatkan pendapatan, tabungan mereka adalah investasi. Sedangkan orang biasa akan berharap pada tabungan yang mereka miliki untuk menjadi kaya. Mereka cenderung menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk ditabung sehingga apabila di akhir tahun mereka akan memiliki uang lebih namun mereka tidak akan menjadi kaya karena bagaimanapun pendapatan mereka tidak bertambah. Orang yang sukses juga selalu membuat target dan memiliki ambisi yang kuat untuk memenuhi target mereka. Bahkan mereka berfikir bahwa target adalah antara hidup dan mati. 

Berbeda dengan orang biasa dimana mereka lebih santai untuk mencapai target. Mereka tidak begitu ambisius. Hal ini dapat terlihat dimana orang yang sukses selalu mencapai target dalam waktu yang sudah mereka tentukan sendiri sehingga mereka dapat meraih impiannya dalam waktu singkat, sedangkan orang yang biasa saja cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjadi sukses.

Related Posts

Perbedaan Pola Pikir antara Orang Biasa dan Orang Sukses
4/ 5
Oleh