Saturday, January 11, 2014

Perencanaan Strategis dalam Bisnis

Perencanaan Strategis dalam Bisnis
Sebuah perencanaan bisnis adalah gambaran kegiatan atau program kerja perusahaan atau wirausaha ke depan, melalui program-program yang telah ditentukan sebagai upaya untuk menggapai tujuan bersama. Perencanaan menggambarkan prediksi dan tindakan yang akan dilakukan daam jangka pendek, menengah, dan panjang oleh perusahaan. Tanpa strategi yang mumpuni, maka sebuah perencanaan tidak akan berpengaruh apa-apa dalam implementasi kerja di lapangan. Untuk itu, butuh sebuah formulas! yang jitu untuk sebagai stimulus bagi jalannya perencanaan yangsudah disusun. 

Perencanaan strategis mencakup kerangka dan proses yang akan memandu para wirausahawan dalam mengarungi usahanya sehingga terdapat pedoman dalam melakukan tindakan kerja di lapangan. Tuntutan pasar dan perbedaan harapan konsumen yang beragam tentunya mengharuskan Anda untuk melakukan evaluasi dalam perencanaan program kerja. Untuk menggapai tujuan tentunya dibutuhkan perencanaan yang strategis yang mampu mewadahi jalannya perusahaan sesuai dengan situasi dan kondisi. Lantas, pahamkah Anda tentang perencanaan strategis? 

Peencanaan strategis adalah perencanaan yang mempertimbangkan tentang apa yang hams dilakukan sebuah organisasi, cara melakukannya, dan arah tujuan organisasi tersebut sehingga sebuah organisasi atau perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan perencanaan kerja. Dalam sebuah perencanaan strategis para wirausahawan harus mebuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

Apa posisi sekarang?
Bagaimana Anda mencapai posisi sekarang?
Bisnis Apa yang Anda jalankan?
Apa perspektif masa depan Anda?
Apa rute yang Anda rencanakan untuk mencapai tujuan Anda?

Ketika sebuah perencanaan sudah tidak relevan untuk diterapkan, sebaiknya Anda menggantinya dengan perencanaan yang lebih baik lagi. Perencanaan yang lebih sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan Anda tentang perencanaan strategis, sebaiknya Anda mengetahui karakteristik perencanaan strategis dalam dunia bisnis sehingga perencanaan yang Anda buat tidak keliru.

Related Posts

Perencanaan Strategis dalam Bisnis
4/ 5
Oleh